Palu, Sulteng Tuan Rumah Apresiasi GTK PAUD-DIKMAS Berprestasi Nasional 2016

Berdasarkan surat Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) PAUD dan DIKMAS nomor 56/B2.4/KP/2015 tanggal 14 Desember 2015 perihal Persiapan Penyelenggaraan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD-DIKMAS Tingkat Nasional 2016 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, sebagi tindak lanjut surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 76/B2.4/LL/2015 tanggal 10 Desember 2015, menetapkan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah penyelenggaraan agenda tahunan terbesar nasional bidang pendidikan jalur nonformal PAUD-DIKMAS.

Sesuai rencana perhelatan untuk tingkat nasional itu akan dilaksanakan tanggal 22-28 Mei 2016.

Dr. Nugaan Julia Wardhani Siregar, M.Pd, selaku Direktur PGTK dalam isi surat dimaksud menyampaikan agar penyelenggaraan kegiatan itu berjalan lancar, obyektif dan profesional serta mendapat hasil yang optimal maka Kepala Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi segera melakukan langkah-langkah persiapan baik dari segi penganggaran maupun teknis seleksi peserta.

Yang paling utama kegiatan itu bertujuan memberikan apresiasi dan motivasi bagi GTK PAUD dan DIKMAS dalam bekarya, berinovasi dan berprestasi dalam mendukung pelaksanaan tugas sebagai guru dan tenaga kependidikan.

Jenis kegiatan yang akan diapresiasi ada 16 (enam belas) kategori Perorangan dan 2 (dua) kategori Kelompok.

Untuk Kategori Perorangan, Jenis GTK PAUD dan DIKMAS dan Topik Seleksi, meliputi:

1. Guru KB/TPA/SPS (Kelompok Bermain/Taman Penitipan Anak/Satuan PAUD Sejenis), Topik : Inovasi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis 10 prinsip pembelajaran PAUD melalui sikap keteladanan dan pembiasaan dengan pendekatan saintifik
2. Pengelola KB/TPA/SPS, Topik : Pengelolaan dana desa dalam upaya peningkatan mutu layanan PAUD menuju penguatan satu desa satu PAUD berkualitas
3. Instruktur Kursus Komputer, Topik : Inovasi pembelajaran pembuatan Web Desain
4. Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut (hair styling), Topik : Inovasi pembelajaran hair styling pria/wanita.
5. Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Topik : Inovasi pembelajaran tata rias pengantin tradisional modifikasi.
6. Instruktur Kursus Tata Busana, Topik : Inovasi pembelajaran busana kerja pria/wanita dengan sentuhan etnik.
7. Pengelola LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan), Topik : Strategi membangun kemitraan LKP dengan DUDI untuk meningkatkan keterserapan lulusan LKP menjadi wirausaha baru dan dunia kerja.
8. Pamong Belajar pada SKB, Topik : Strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan lulusan.
9. Penilik, Topik : Strategi pembimbingan untuk meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas.
10. Pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Topik : Menyinergikan pengelolaan PKBM dengan mitra usaha untuk meningkatkan kegiatan usaha dan usaha mandiri bagi masyarakat.
11. Pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat), Topik : Strategi pengelolaan TBM dalam memotivasi masyarakat agar gemar membaca.
12. Tutor Paket A, Topik : Inovasi pembelajaran Paket A pada daerah khusus atau terpencil.
13. Tutor Paket B, Topik : Inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal.
14. Tutor Paket C, Topik : Inovasi pembelajaran yang efektif dalam rangka mengembangkan karakter peserta didik
15. Tutor Pendidikan Keaksaraan, Topik : Inovasi pembelajaran keaksaraan yang efektif dengan memanfaatkan potensi lokal.
16. Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Topik : Mengoptimalkan sumber daya SKB dalam meningkatkan mutu layanan pembelajaran PAUD dan Dikmas bagi masyarakat.

Untuk Kategori Kelompok, meliputi :
1. Seluruh Peserta Lomba (Kelompok 16 orang), tema : Paduan Suara Mars/Hymne GTK PAUD dan DIKMAS
2. Seluruh Peserta Lomba (Kelompok 16 orang), tema : Senam Aerobik Versi Daerah masing-masing.

Kepala Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Provinsi Sulawesi Utara, Dra. Mieke Juliana Tumbol, M.Pd saat ditemui tim bpkbsulut.com, by phone Kamis (31/12/2015) siang menjelaskan, bahwa akan memersiapkan kontingen Sulawesi Utara dengan sebaik-baiknya.

“BPKB merupakan pananggung jawab training center, DIPA APBD 2016 untuk pemusatan pelatihan telah kami terima, dan kita akan laksanakan secara optimal”, ujarnya mantap.

Ia menambahkan, “dengan demikian untuk tingkat Sulawesi Utara rencana kegiatan seleksi tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada pertengahan awal bulan April, untuk tingkat provinsi akhir April, dilanjutkan dengan pemusatan pelatihan bagi pemenang seleksi tingkat provinsi awal Mei hingga kontingen siap diberangkatkan menuju Palu mengikuti lomba tingkat nasional,” demikian tambahnya.

Mieke sapaan kesayangan sempat merinci, untuk kegiatan seleksi Kabupaten dan Kota ditangani oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota, untuk seleksi tingkat provinsi dan pemberangkatan menuju tingkat nasional ditangani oleh Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara, sedangkan pelaksanaan pemusatan pelatihan (training center) ditangani oleh Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Provinsi Sulawesi Utara.

Apresiasi tahun 2015 kontingen Sulawesi Utara mampu mempersembahkan prestasi Juara III kategori paduan suara dan juara harapan II perorangan tingkat nasional di Medan Sumatera Utara bulan Juni 2015 lalu.

Perhelatan ini merupakan salah satu agenda tahunan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka memberikan penghargaan kepada para Pendidik dan Tenaga Kependidikan berprestasi yang telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan kesejahteraan bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Selamat Berkarya para insan GTK PAUD dan DIKMAS.(YABAMUSTI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s