Tidak Ada Lembaga Tidak Ada Bantuan

Jakarta, PAUD dan Dikmas. ”Untuk apa kami memberikan bantuan apabila tidak ada lembaganya,” ujar Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ses Ditjen PAUD dan Dikmas) Wartanto, saat menerima kunjungan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan wartawan Kota Ternate. Senin (20/6)

Hal tersebut tersebut disampaikan Wartanto terkait besaran pengalokasian dana bantuan bagi lembaga penyelenggara PAUD dan Dikmas disuatu daerah, karena menurutnya dana bantuan tersebut hanya diberikan kepada lembaga yang jelas keberadaan dan program kerjanya, sehingga tidak ada lagi lembaga yang berdiri ketika ada bantuan dan tutup atau menghilang setelah tidak menerima bantuan.

Salah satu persyaratan untuk menerima bantuan disampaikan oleh Wartanto, lembaga tersebut telah memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN) yang tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Paud dan Dikmas, sehingga Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD dan Dikmas sesuai dengan jumlah lembaga yang ada.

Oleh sebab itu Sesditjen mengajak para anggota DPRD mendorong Dinas Pendidikan setempat, agar lebih responsif dan bersunguh-sunguh memasukkan NPSN semua satuan pendidikan termasuk PKBM, lembaga kursus, lembaga PAUD.
Wartanto juga menyampaikan, kalau ingin mendapatkan bantuan tambahan yang cukup dari Pemerintah Pusat maka kita harus berbagi peran pengalokasian anggaran dana pendidikan, karena Dana Pemerintah Pusat sifatnya pendukung operasional sedangkan yang utama berasal dari dana Pemerintah Daerah. (M.Husnul Farizi/KS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s